Perdana !!! BUMDES Karya Bersama Kilensari Adakan Kegiatan Wiken

 



Situbondo, DesPro - Minggu (24/9), Bumdes Karya Bersama Kilensari Kabupaten Situbondo gelar acara Wisata Kuliner Narokan (WIKEN). Kegiatan ini merupakan perdana dan pertama kalinya yang digelar di sepanjang jalan tembus desa tersebut.

Diadakannya acara tersebut bukan tanpa sebab, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat dan sebagai sarana marketing produk UMKM Desa Kilensari. Seperti sajian menu Karak tradisional dan produk - produk lainnya yang dijual sepanjang stand yang tersedia dengan harga yang sangat terjangkau.

Panorama pagi di jalan tembus Kilensari, Panarukan


Persiapan yang telah disiapkan oleh panitia pelaksana telah di lakukan jauh - jauh hari, mulai dari menginventaris setiap warga yang ingin berjualan stand acara hingga kebutuhan perlengkapan lainnya. 

Acara dimulai dari  pukul 05.00 Wib sampai 09.00 Wib, namun seiring membludaknya warga yang hadir produk dagangan setiap stand tidak sampai pada waktu yang ditentukan telah habis terjual. 

Berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM yang mengikuti kegiatan Wiken


Warga yang mendfatar untuk  berjualan di lokasi acara berjumlah 180 dan beberapa dari pengunjung lainnya juga sempat bertanya kepada panitia apakah masih ada spot atau stand kosong untuk berjualan. Hal tersebut menandakan bahwa antusias masyarakat yang tinggi dengan adanya acara Wisata Kuliner Narokan (WIKEN).

Pengunjung yang hadir dalam acara Wisata Kuliner Narokan mayoritas berasal dari warga Desa Kilensari. Ada juga beberapa pengunjung yang berasal dari desa lain seperti Desa Klatakan dan wilayah lainnya.

Kesibukan panitia saat menyiapkan lapak para pedagang kaki lima di lokasi Wiken


Tentu ini juga merupakan salah satu implementasi visi misi Bapak Sugiono selaku Kepala Desa Kilensari untuk memberdayakan 1000 UMKM, karena di era 5.0 sekarang ini unit usaha lokal merupakan ujung tombak dalam mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Salah satu  penjual di lokasi tersebut mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM kecil untuk turut andil dalam pertumbuhan perekonomian  dan ikut serta dalam mengenalkan makanan khas Desa Kilensari.

"Saya bersyukur mas, dengan adanya acara ini bisa kedepan membantu masalah ekonomi orang - orang desa sini mas, sangat - sangat bermanfaat pokoknya, apalagi yang saya jual ini makanan asli Situbondo, Tajhin Palappa" ujar Ibu Agus penjual Tajhin Palappa.

Tidak hanya itu, ketua panitia juga kagum atas atensi masyarakat yang luar biasa dalam mendukung event  Wisata Kuliner Narokan serta mengapresiasi kinerja dari jajaran panitia, namun meski tetap harus ada evaluasi di internal guna kegiatan yang berkelanjutan kedepan.

"Luar biasa event Wisata Kuliner Narokan ini, ternyata di luar ekspektasi saya. Saya sangat berterimakasih kepada teman - teman panitia yang telah berusaha keras mengawal jalan suksesnya acara ini, harapan besar saya di minggu berikutnya event ini agar tetap seperti ini atau kalau bisa ditingkatkan dan juga tidak lupa juga evaluasi internal wajib dilakukan guna persiapan lanjutan event berikutnya," imbuh Mbak Etik selaku Ketua Panitia WIKEN

Salah satu pengunjung juga menyampaikan hal yang sama bahwa kegiatan yang di gagas oleh Bumdes Karya Bersama Kilensari mengundang energi positif sebagai media refreshing bagi warga Desa Kilensari khususnya.

"Acaranya sangat keren pak, sangat bermanfaat dan memberikan energi positif  bagi saya selaku pekerja  yang hari senin sampai sabtu dituntut banyak pekerjaan, tentu saya butuh refreshing yang tidak jauh dari rumah saya dan tidak banyak keluar biaya, keren acaranya pak,"  ucap Bapak Efendi.

Para pengunjung sangat menikmati acara Wiken, di Panarukan


Kegiatan  Wisata Kuliner Narokan (WIKEN)  yang dilaksanakan oleh Bumdes Karya Bersama Kilensari diharapkan mampu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui potensi produk atau UMKM lokal Desa Kilensari secara berkelanjutan. (ARP*)

Lebih baru Lebih lama