Kongres III SRPB Jatim, Putuskan Wawan Kimiawan Sebagai Ketua Koordinator

Serah Terima pataka panji SRPB kepada Ketua Koordinator hasil Kongres III SRPB Jatim, Karangploso Malang



Malang, DesPro - Sekber Relawan Penanggulangan Bencana Jawa Timur, 9 - 10 September 2023 melaksanakan Kongres III dengan tema Berdaya Tangguh Secara Tangguh dan Komprehensif di Bumi perkemahan Dusun Sahabat Alam, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka reformasi dari pengurus lama ke pengurus baru. 

Kongres III SRPB tersebut dihadiri sebanyak 135 orang  dengan formasi 62 sebagai peserta dan 63 sebagai peninjau perwakilan dari berbagai organisasi dan komunitas relawan kebencanaan serta lembaga - lembaga yang bersifat kemanusiaan berbagai daerah. 

Registrasi peserta kongres


Peserta berdatangan dari Kota Jember, Sidoarjo, Surabaya, Tuban, Malang, Magetan, Tulungagung, Ngawi, Situbondo, Lumajang dan berbagai kota lain di Propinsi Jawa Timur.

Selain itu juga dihadiri oleh pengurus SRPB Jatim dan beberapa mitra Inavor, JOSS Peduli, PT Zamzam Khan, Pokdarwis Situbondo, Laznas LMI, Rumah Zakat, YDSF, Dompet Duafa, dan lain - lain serta tidak luput juga dari kehadiran perwakilan IARMI (Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia).

Suasana sidang Komisi A


Serangkain kegiatan selama 2 hari terlaksana dengan begitu hikmat tanpa ada hambatan. Mulai dari hari pertama yang berjalan dengan sesuai rundown tampak diikuti dengan tertib oleh undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Penyerahan simbol pedang dari ketua demisioner kepada ketua terpilih


Hingga pada hari terakhir seluruh rangkain kegiatan Kongres III SRPB Jatim 2023, pada akhirnya menentukan ketua koordinator baru SRPB Jatim periode 2023 - 2026 yaitu Rahmat Subekti Kimiawan yang sebelumnya dijabat oleh Hj. Dian Harmuningsih, ST. MM

Penyampaian terakhir yang membuat suasana mengharukan oleh Hj. Dian Harmuningsih, ST.MM di hadapan Ketua Koordinator SRPB terpilih dan perwakilan pejabat BPBD Jawa Timur


Mantan Wakil Ketua Koordinator SRPB Jatim periode sebelumnya juga sekaligus Ketua Koordinator terpilih, Wawan Kimiawan dalam pidato pertamanya sempat mengutip salah satu ayat di dalam Al Quran pada surah Al Imran tentang kesabaran, komitmen, dan berlaku ikhlas dalam hal apapun.

"Saya terinspirasi dan sebagai pedoman dalam diri saya dalam salah satu surah yang ada di Ali Imran bahwa kita sebagai relawan harus memiliki dan menerapkan kesabaran, komitmen, dan ikhlas disaat melakukan aktivitas kemanusiaan dan lainnya. Terimakasih Kak Dian atas seluruh Kepemimpinan, keteladana, bimbingan dan arahan yang telah tulus iklas selama 6 tahun menjabat dan membawa SRPB maju hingga memiliki segudang prestasi dan tentu saja melanjutkan kepemimpinan beliau tidak lah mudah, untuk itu kami tetap membutuhkan bimbingan arahan berikutnya" ujar Rahmat Subakti Kimiawan. 

Disisi lain Demisioner, Hj. Dian Harmuningsih, ST.MM, turut pula memberikan sepatah sambutan dan sekaligus berterimakasih atas kerjasama selama menjabat koordinator penting serta memohon maaf atas kinerjanya selama menjabat serta pula memberikan beberapa seutas kalimat tentang hal dorongan semangat bagi mitra - mitra dan terutama Koordinator SRPB yang baru dalam membawa organisasi besar ini kedepan.

"Terimakasih atas segala dedikasi dan daya upaya seluruh pengurus, seluruh relawan selama saya menjadi Ketua Koordinator sehingga program - program dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan tidak lupa juga sampaikan ke seluruh mintra SRPB Jatim yang ada di daerah masing-masing dan yang belum bisa tergabung dalam acara ini, saya pribadi mohon maaf atas segala kesalahan baik yang sengaja ataupun tidak selama menjabat, satu lagi jangan pernah lelah dan menyerah dalam membawa rumah ini (SRPB) untuk lebih baik dari sebelumnya", ucap Kak Dian, panggilan akrabnya.

Dan akhirnya serangkaian kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Mohammad Chisjqiel Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim.  Dalam penyampaiannya juga mengingatkan bahwa seorang relawan haru benar - benar tulus, sabar, ikhlas dan komitmen dalam berkegiatan sosial dan apapun serta kekuatan dari doa.

"Seorang pejuang kemanusiaan harus menanamkan sikap dan sifat tulus, ikhlas, sabar, serta komitmen dalam menjalankan tugas mulia ini, dan yang sangat penting adalah doa yang harus selalu terpanjat dalam setiap ucapan manusia terutama pejuang kemanusiaan seperti kita ini", ujar Mohammad Chisjqie. 

Selamat dan Sukses Kongres III SRPB Jawa Timur


Sesi pamungkas penyerahan panji pataka SRPB Jatim dari kepengurusan lama yang diwakili oleh ketua di misioner Hj. Dian Harmuningsih, ST.MM berdasarkan pantauan langsung awak media DesPro, melihat sesuatu hal yang berbeda dan mengesankan. Acara berjalan dengan sukses, lancar, tertib, khidmad, khusyuk, mengharukan dan membahagiakan dan semua peserta merasakannya. 


Digdo Hidayat, salah satu protokoler acara menyatakan kebahagiaannya dengan acara Kongres SRPB Jatim kali ini. 

"Baru kali ini saya mengikuti, melihat, mendengar dan merasakan acara seremonial yang mengesankan. Dilaksanakan di tempat yang keren, pesertanya antusias, tertib berjalan khidmat, khusyuk dan mengharukan. Saya tau perjalanan SRPB dari awal hingga detik ini, saya tau hantaman tantangan hambatan yg dihadapi Kak Dian dalam membawa rumah besar SRPB ini, sampai mission impossible Kongres ini berjalan lancar tanpa ada sedikit pun hambatan dan baru kali ini saya mbrebes mili banyu moto dengan Kongres sekarang ini, penuh haru dan luar biasa konsepnya" ujar Digdo dengan penuh haru bahagia.

Ini akan menjadi momen bersejarah yang sulit dilupakan dan tuntas kepemimpinan periodisasi era kepemimpinan Hj. Dian Harmuningsih, ST.MM. 

Foto bersama tim panitia acara

Ramah tamah bersama SRPB Jatim dan pejabat BPBD Jatim, M. Chisjqiel


Foto bersama selesai bersih-bersih area


Ucapan selamat dan sukses dari berbagai komunitas di Jawa Timur berseliweran di tiap-tiap postingan sosial media hingga 2 hari kedepan akan menjadi hiasan dinamika perjalanan SRPB Jawa Timur kedepannya. 

Pasca kegiatan acara kongres

Berikut seluruh rangkaian penutup kegiatan Kongres III SRPB Jatim yang dilaksanakan selama 2 hari di Karangploso, tersebut. (Ymn)

Lebih baru Lebih lama