Naiknya Trend Kewirausahaan, Mengapa?

Naiknya Trend Kewirausahaan, Mengapa?

Naiknya Trend Kewirausahaan, Mengapa?

Sidorajo.Despro - Yuhu, sobat Despro,  apa kabar isi dompet? Sudah makin menipis atau makin menebal? Situasi ekonomi yang mulai bangkit pasca pandemic Covid-19 menjadikan kita makin kreatif. Ini sebuah afirmasi positif bagi diri tentunya. Bukan malah anjlok motivasi kita ya. Saat triwulan kedua tentu banyak pengeluaran, mengingat musim memasukkan buah hati ke sekolah. Yang sudah sekolah butuh dana her registerasi alias daftar ulang. Pusing juga jika tidak disiapkan dengan baik.

   Kali ini yuk kita bahas tentang kenapa sih yang namanya kewirausahaan itu jadi trend. Kaum muda maupun lansia masih semangat menjalankannya. Tentu ini dipicu banyak alasan ya. Kita simak pemicu fenomena maraknya usaha mikro, kecil dan menengah ini.

    Alasan pentingnya menjadi wirausaha bagi hidup kita:

1. Menambah income keluarga

    Tentu saja ini alasan utama ya Sobat Despro. Banyak yang punya usaha produktif ini untuk mengamankan alur keuangan, agar tidak minus alias nombok di akhir bulan. Sobat Despro juga tau kan istilah lebih besar pasak daripada tiang.

2. Fleksibel

    Menjadi wirausaha memang memiliki waktu yang lebih fleksibel. Bisa kita atur sendiri. Namun dibalik itu akan menjadikan sobat Despro pribadi yang harus disiplin manajemen waktu.Karena jika tidak, maka kita akan cenderung bermalasan dan lepas kontrol  sehingga banyak waktu terbuang. Karena tidak ada target dari orang lain.

3. Efisien

    Saat awal membuka usaha mikro, kecil dan menengah ini, sobat Despro bisa melibatkan seluruh anggota keluarga agar bisa saling membantu. Baik dalam proses produksi, pengemasan, penjualan dan digital marketing. Bisa lebih guyub rukun sekeluarga, tapi tetap profesionalisme dijaga ya.

4. Mandiri

    Pewirausaha memiliki kemerdekaan dalam melakukan usahanya, bersifat mandiri. Baik secara modal, desain usaha dan sistem yang dikelola. Mandiri dalam membuat dan mengembangkannya. Meski banyak juga yang sistem gabungan dengan pihak lain.  Secara finansial, pewirausaha juga memiliki kemandirian.

5. Sebagai penyaluran ide kreatif inovatif

    Seringkali kita memiliki ide-ide liar di kepala. Saat bekerja formal alias ikut orang lain, maka ide-ide kita seringkali tidak bisa diakomodir. Sehingga saat sobat Despro memiliki usaha sendiri, maka kita bisa leluasa menuangkan ide yang bahkan bisa jadi di dunia ini belum pernah ada.

6. Pengembangan diri

    Tanpa kita sadari, saat kita memulai usaha baru, maka yang terjadi adalah nuansa motivasi positif. Berusaha sekuatnya menjadi baik dan lebih baik lagi. Semangat belajar dan belajar lagi membuat sobat Despro akan selalu haus ilmu dan strategi baru. Baik pengelolaan produksi, manajeman maupun saat promosi. Tanpa disadari, kita akan menjadi pribadi yang makin berkembang, kepribadian menjadi lebih baik dan menarii. Secara psikis, emosional dan kontrol diri akan menjadi lebih tenang.

7. Sarana sedekah

   Dibalik sibuknya sobat Despro membangun usaha, ada hal lain yang sangat keren. Sobat Despro bisa sedekah waktu, ilmu dan bahkan hal lain saat kita membangun tim. Karena mengelola sumber daya manusia,bisa jadi yang masih nol pengetahuan, kita anggap sedekah. Telaten member masukan, mendampingi dan menumbuhkembangkan ide secara bersama, merupakan sedekah nan luar biasa. Memang tidak tampak secara nominal yang riil. Namun sedekah banyak hal bisa membantu orang lain tentu lebih dari sekedar nilai uang.

   Okay sobat Despro, ternyata banyak juga ya alasan kenapa wirausaha baru saat ini makin banyak dan berkembang. Tinggal kita bagaimana memanfaatkan potensi diri kita untuk bisa menjadi sesuatu yang hebat. Tetap semangat yuk, mengembangkan kreatifitas dan inovasi kita. Menjadi jiwa nan produktif.(Di)

Lebih baru Lebih lama