Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

Situbondo, DesPro - Pergi berlibur bersama keluarga tercinta ke sebuah tempat yang dikunjungi tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas setempat. Salah satunya ialah Kota Situbondo yang menyajikan beragam makanan khas yang unik tentunya. 

Situbondo salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur memiliki banyak tempat yang menyajikan aneka ragam kebutuhan berlibur setiap orang. Mulai dari wisata buatan hingga wisata alami. 

Tidak hanya eksotisme keindahan alamnya saja, melainkan ragam makanan khasnya yang tidak kalah jauh dengan tempat lain dan tentunya juga menggugah selera lidah siapapun yang mencicipinya. 

Dilansir dari akun instagram @wisatasitubondo menyajikan berbagai ragam makanan khas kota  Situbondo. Kabupaten berjuluk kota Santri ini menawarkan makanan khas yang dijamin membuat siapapun yang mengkonsumsinya akan ketagihan, berikut daftar rekomended  makanan khas Situbondo.

1. Tajhin Palappa (bubur saos kacang)

Salah satu makanan atau kuliner khas Situbondo  berupa perpaduan bubur yang diberi balutan bumbu atau sambal kacang sebagai kuah, sayur kangkung serta tauge, kerupuk, dan beberapa potongan gorengan atau tahu sebagai topping bahkan bisa request pedas atau original. Makanan ini biasanya dijual atau buka pada saat pagi hari atau jam kantor, berjualan libur tergantung penjual serta dapat ditemukan di setiap sudut area kota Situbondo.

2.  Campor Kocek

Merupakan makanan khas Kota Santri yang tidak kalah enak dengan kuliner lainnya, hanya berbahan dasar lontong dan mie kuah merah  dengan balutan sambal kacang berbahan petis ikan, tambahan sayur tauge sebagai pelengkap, dan di akhiri dengan taburan topping bawang merah goreng serta kerupuk. Pembeli bisa juga request pedas atau original tergantung selera, biasanya makanan khas Situbondo ini dapat di temui di sekitar desa/ kelurahan atau bahkan di pusat kota. 

Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

3. Nasek Jeghung

Kuliner yang satu ini juga nikmat untuk dikonsumsi, bahan dasarnya terbilang sederhana dan simpel hanya terdiri dari nasi jagung sebagai bahan utama, dengan berbagai  pilhan hiasan diatasnya seperti ikan tuna/tongkol balado, sayur urap, mie goreng, peyek udang, bakwan, tahu, ikan asin, dan terong sambal tergantung selera masing - masing. Makanan khas tersebut dapat dijumpai di pusat kota Situbondo dan sekitarnya.

Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

4. Nasek Karak

Kuliner berikutnya ini sangat simpel bahan yang digunakan hanya berbahan dasar nasi putih sedikit asin dengan aroma pandan yang ditaburi serutan kelapa segar, dengan tambahan ikan tuna /tongkol serta tahu balado merah, dengan beberapa kerupuk renyah, serta pelanggan juga bisa tambahkan petis dan cabai sebagai sambal sesuai selera. Lokasi penjual makanan khas ini dapat di jumpai dari wilayah pedesaan hingga pinggir jalan utama Situbondo.

Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

5. Rujak Soto Ceker

Makanan yang satu ini juga tidak kalah nikmat dari yang sebelumnya, salah satu kuliner khas yang sudah lama dan turun temurun resep nya dipertahankan hanya berbahan dasar lontong yang disiram dengan kuah soto yang gurih dengan beberapa potongan ceker , tambahan sayur kangkung dan tauge, diakhiri dengan tambahan bumbu atau sambal kacang disertai irisan mentimun yang menambah selera makan meningkat. Kuliner tersebut hanya dapat ditemui  di sekitar Kecamatan Panji Kota Situbondo.

Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

6. Nasek Sodu

Citarasa gurih dan lezat adalah karakter utama yang ditonjolkan. Makanan ini sangat populer di kawasan Situbondo timur. Awalnya nasek Sodu ini adalah makanan para nelayan, biasanya dibawa ibu-ibu saat menunggu para nelayan datang dari aktifitas memancing di laut. Kata Sodu sendiri berarti sendok yang terbuat dari daun pisang yang dilipat dengan menggunakan pincuk yang terbuat dari daun pisang juga. Tentu saja ikan bakar tongkol sebagai lauk utama. Siraman mudah kental berwarna kuning dan taburan sayur buah lawuh berwarna kuning menjadikan tampilan menggiurkan. Citarasa pedas saat sentuhan sambel terasi dengan potongan mentimun bercampur kecambah mentah plus taburan bawang goreng sebagai penutup atasnya adalah sesuatu hal yang sulit dilupakan saat menyantap hidangan ini. Asembagus, Jangkar, Arjasa dan Banyuputih adalah titik-titik pusat kuliner nasi Sodu.

Kuliner Murah Khas Situbondo Yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan ke Kota Santri

Bagi pengunjung yang ingin menikmati makanan khas Kota Situbondo jangan khawatir soalan harga, hanya perlu merogoh kocek mulai dari tujuh ribu rupiah hingga lima belas ribu rupiah.(AR*)

Lebih baru Lebih lama