Daya Tangguh Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis

Daya Tangguh Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis

Daya Tangguh Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis
Bisnis rumahan yang menggejala

Sidoarjo, DesPro - Saat ini masyarakat memiliki banyak pilihan dalam menjalankan sebuah usaha. Bisa konvensional secara offline ataupun online. Tentu saja semua karena adanya potensi pasar yang luar biasa. Juga didukung oleh fasilitas internet yang memadai. Dunia penjualan online tentu sangat menggiurkan. Apalagi bagi ibu muda yang ingin beraktifitas dari rumah saja. Membangun bisnis online menjadi pilihan terbaik.

Salah satu usaha yang bisa dijalani dan dikontrol dari rumah adalah berdagang online kebutuhan umum. Mulai fashion, kuliner dan craft/kerajinan tangan. Para ibu sambil mengasuh anaknya, merawat rumah dan juga melayani suaminya, akan bisa tetap menghasilkan rupiah.

Penghasilannya ini bertujuan untuk membantu ekonomi keluarga. Meski memiliki banyak tanggung jawab di rumah, para ibu juga bisa berdaya tangguh di bidang ekonomi. Omzet harian, mingguan, bulanan dan tahunan akan menjadi target yang masuk akal, jika dilakukan dengan rutin. Serius ataupun setengah serius, disela waktunya, seorang ibu rumah tangga memiliki potensi yang baik.

Media sosial semacam facebook, instagram, tiktok juga website yang dibangun sendiri, bisa menjadi provider pilihan dalam menjalankan usaha online. Banyak kursus singkat atau bahkan pelatihan gratis untuk mmepelajari bagaimana menjalankan bisnis online. Usaha rumahan online yang digemari oleh para wanita seperti menjual make up, parfum, kebutuhan rutin rumah tangga seperti sabun mandi, sabun cuci,pembersih lantai juga menggiurkan. Bahkan, aksesoris seperti gelang, cincin, bros dan gantungan kunci menjadi trend tersendiri.
Daya Tangguh Ibu Rumah Tangga Membangun Bisnis
Ibu Ana dengan bahan aksesoris
Akun tiktok seorang ibu muda penjual bahan baku aksesoris kami datangi, mengaku yang sering live, bahkan bisa menghasilkan ratusan ribu sampai jutaan omzet. Dengan bermodal handphone/gawai, juga keterampilan berbicara di depan kamera, menjadikan dagangannya laris.

Ibu Ana pemilik toko Zidan Collection ini menyatakan, “Omzet yang menggiurkan, penghasilan yang stabil dan kebersamaan dengan keluarga tersayang akan menjadi pertimbangan mutlak. Uang didapat, anak dan suami tetap keurus.” Harapan yang luar biasa bukan? Nah, yang dijual ibu Ana ini manik-manik berbagai macam warna, bentuk, model dan harga, semua ditawarkan secara langsung melalui tiktok. Transaksi harian, menggunakan aplikasi ini menjadikannya lebih mudah dalam menyapa konsumennya.

Sistem pembayaran yang dipilih seringnya COD (cash on delivery) atau membayar di tempat saat barang datang. Selain berjualan secara online, tokonya juga dibuka setiap hari. Berada di sekitar kelurahan Sidokare, Sidoarjo. Tentu konsumennya banyak memilih melalui aplikasi. Karena memiliki banyak menu pilihan pembayaran, melalui tramsfer m-banking ataupun COD. Hal ini juga berlaku untuk penjualan melalui marketplace, akun shopee, tokopedia, lazada dan lainnya.

Memang akan ada tantangan tersendiri, namun sangat menarik jika dilakukan. Ketelatenan yang dimiliki banyak ibu rumah tangga menjadikan bisnis rumahan semacam ini bisa awet dan tahan banting. Motivasi tinggi untuk membangun daya tangguh ekonomi keluarga menjadikan daya juang sangat kuat. Kebutuhan untuk mencukupi keluarga juga menjadi dasar dan alasan terbaik bagi seorang ibu rumahtangga menjalankan bisnisnya. Pencapaian yang mungkin saja bagi orang lain terlihat gak mungkin. Lha wong seharian di rumah momong anak, pakai daster, tanpa bedak, masa bisa menghasilkan uang jutaan? Tentu saja. Kenapa tidak? Banyak yang sudah membuktikannya.Terlihat seorang mahasiswi, saat liburan juga bisa menjadi pelanggan setia toko online penjual bahan aksesoris. Mengisi liburan menjadi menghasilkan juga akan sangat baik untuk pengalaman dirinya. Berbekal keterampilan yang bahkan bisa diambil dari laman youtube, banyak tutorial yang mudah dan bisa ditiru.

Modifikasi dan inovasi juga sangat mempengaruhi daya jual untuk pangsa pasar tertentu. Membangun bisnis di usia muda sangat perlu. Agar bisa memiliki pengalaman terbaiknya kelak dengan merasakan jatuh bangunnya membangun bisnis rumahan, menjadikannya kuat dan optimis. (Di)
Lebih baru Lebih lama