Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan

Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo, Situbondo

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Kades Sumarto Adi di tengah masyarakat

Situbondo, DesPro - Sejak kamis (27/7) Desa Wonorejo melaksanakan rangkaian kegiatan "Suroan". Tanggal 10 Suro penanggalan Jawa, masyarakat Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur melaksanakan adat budaya Jawa dengan melakukan selamatan bersama.

Pengajian bersama diikuti oleh masyarakat desa dari perwakilan setiap dusun di Desa Wonorejo, syiar da'wah melalui pengajian selain berdoa bersama, sholawatan dengan tujuan memohon keselamatan bersama seluruh warga desa. Pengajian ini juga merupakan bentuk fasilitas mempererat tapi silaturahmi antar warga, mereka berkumpul komunikasi langsung meninggalkan aktifitas setiap harinya. 

Seremonial kegiatan acara

Sumarto Adi, Kepala Desa Wonorejo menyatakan bahwa pengajian desa ini, selain untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Gusti Alloh SWT, melestarikan budaya dan juga mempererat tali silaturahmi antar warga.

"Acara ini menjadi agenda acara tahunan desa yang dilakukan setiap tahunnya" Kata Sumarto Adi.

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Kesibukan panitia acara Tumpeng sewu


Desa yang dinobatkan sebagai salah satu desa mandiri Kabupaten Situbondo oleh Menteri Desa PDTT tahun 2022 ini, semakin bersemangat untuk semakin menyemarakkan kegiatan desanya secara mandiri.

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Desa Budaya Wonorejo yang dinamis dan harmony

"Nguri budaya di desa Wonorejo yang kami lakukan selain upaya pelestarian budaya, kami perkenalkan kepada generasi muda, kaum milenial termasuk kepada khalayak umum, supaya budaya tinggalan leluhur kami tetap lestari, ujar Sumarto Adi.

"Tumpeng sewu dan Sedekah bumi adalah citra kerukunan warga desa Wonorejo dan bentuk syukur kami atas semua limpahan keberkahan dari Gusti Alloh SWT, lanjutnya.

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Semangat warga dalam partisipasi kegiatan desa

"Sejak kamis kemarin kami, masyarakat desa Wonorejo mengadakan doa bersama yang dipimpin langsung oleh pak kepala desa" kata Tony salah satu warga.

"Hari ini (28/7) kami juga mengadakan kirab tumpeng sewu secara simbolis yang laksanakan oleh masyarakat, pelajar sekolah dan elemen kelompok masyarakat lainnya, lanjut Tony.

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Pertunjukan seni tradisional

Desa yang dikenal memiliki akulturasi budaya kuat di Situbondo ini dikenal sangat rukun, bahkan desa Wonorejo dikenal sebagai desa wisata Kebangsaan.

"Desa kami salah satu desa unik, memiliki adat Jawa mataraman, adat madura, budaya masyarakat hindu, budaya osing juga ada multi agama di desa kami juga, kata Selamet Hariyadi. 

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Kirab Tumpeng

Dikenal sebagai salah satu pelopor pemuda desa Wonorejo dan salah satu perangkat desa, selamet menjelaskan bahwa nguri-nguri budaya desa kami sudah dilakukan sejak pembabat tanah desa Wonorejo.

Pertunjukan kirab budaya tumpeng sewu, pertunjukan tari, dan suasana iringan musik tradisional serta baju adat mewarnai atraksi budaya ini.

Desa Konservasi Budaya Wonorejo Adakan Ruwatan
Acara Tumpeng sewu

Nanti malam ada pertunjukan wayang kulit sebagai bagian adat budaya Jawa dan besok acara bersih desa, Rangkaian kegiatan suroan ini bukan hanya sekedar acara tradisi tahunan, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang kami persembahkan untuk Indonesia, kata Suwono.

Dalam acara ini turut dihadiri oleh intansi pemerintah Muspika, dan perwakilan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Situbondo.

Keseruan acara ini, akan menjadi momentum yang akan selalu ditunggu oleh setiap warga desa Wonorejo dan masyarakat sekitarnya, bahkan mungkin masyarakat Indonesia.

Semoga kegiatan budaya ini tetap terjaga lestari dan Desa Wonorejo menjadi juara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 sesuai seluruh harapan warga desa Wonorejo. (AG)

Lebih baru Lebih lama