BPBD Jatim Siap Luncurkan SPAB di 10 Kota

BPBD Jatim Siap Luncurkan Program SPAB di Sepuluh Daerah


Ada hal menarik dari isi medsos Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Jawa Timur kali ini. Sebuah program unggulan dan tentu saja dinanti oleh masyarakat utamanya di lingkungan pendidikan. Baik sekolah atau madrasah bahkan pondok pesantren. Tentang adanya Satuan Pendidikan Aman Bencana. Sudah tahun keempat BPBD Jatim menggandeng relawan yang merupakan para fasilitator Sekretariat bersama Relawan Penanggulangan Bemcana ( SRPB ) Jawa Timur. Yuk, kita simak isi laman IG BPBD Jatim ini.

Hallo #SobatTangguhJatim

Sebagai upaya peningkatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana, tahun ini BPBD Jatim kembali akan menggelar program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di berbagai daerah.

Rencananya, program yang menyasar para siswa dan civitas sekolah SMA sederajat ini akan diawali pekan depan, di Kota Kediri. 

            Tim BPBD Jatim membahas teknis

Selanjutnya, secara maraton Tim BPBD Jatim akan berkeliling ke sejumlah sekolah di 10 Kabupaten/Kota. Di antaranya, di Kab. Madiun, Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kab. Malang, Tulungagung, Lamongan dan  Lumajang.

"Sasaran awal kita masih sepuluh daerah. Mungkin, jumlahnya nanti bisa berkembang setelah ada usulan P-APBD," ujar Dadang Iqwandy, pejabat fungsional bidang PK BPBD Jatim, saat rapat persiapan SPAB Tahun 2023, Kamis (20/7/2023).

Rakor persiapan SPAB yang digelar di Ruang Siaga kantor BPBD Jatim ini juga dihadiri Koordinator Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim, Dian Harmuningsih dan sejumlah tim instruktur.

 Koordinator SRPB Jatim beserta fasilitator SPAB

Selain materi Kesiapsiagaan bencana yang akan disampaikan di kelas, kegiatan SPAB tahun ini juga akan diisi dengan pelatihan simulasi penanganan bencana gempabumi, kebakaran, dan beberapa jenis bencana lain. 

#SPABJatim2023

#SalamTangguh

#SalamKemanusiaan

@khofifah.ip

@emildardak

@adhykaryononew @gatsu4007 @dadang_dumai @srpbjatim @jatimpemprov @jatimcettar

https://www.instagram.com/p/Cu8elMbpDnd/?igshid=NjFhOGMzYTE3ZQ==

Jika ingin selalu update kegiatan BPBD Jatim saat menggandeng SRPB  Jawa Timur terutama dalam membangun ketangguhan masyarakat. Ikuti medsos resmi IG @bpbd_jatim dan @srpbjatim. Kesiapsiagaan dimulai dari diri sendiri. Tagline yang didengungkan yaitu kenali ancamannya, atur strateginya, kurangi risikonya, siap untuk selamat. (Di)

Lebih baru Lebih lama